Istiqomah adalah .... #1

ISTIQOMAH
 Secara etimologis, istiqomah  berasal dari kata استقم   -   ىستقم        ,yang berarti tegak lurus. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istiqamah diartikan sebagai sikap teguh pendirian dan selalu konsekuen.
 dalam terminologi Akhlaq, istiqamah adalah sikap teguh dalam mempertahankan keimanan dan keislaman sekalipun menghadapi berbagai macam tantangan dan godaan. Seorang yang istiqamah adalh laksana batu karang tengah – tengah lautan yang tidak bergeser sedikitpun walau dipukul oleh gelombang yang bergulung gulung.
      Perintah supaya beristiqamah  dinyatakan dalam al – Qur’an dan sunnah allah berfirman :

“katakanlah : bahwasanya aku hanylah seorang manusia seperti kamu, diwahyukan kepadaku bahwasanya Tuhan kamu adalah Tuhan yang maha esa, maka istiqamahlah menuju kepada –Nya dan mohonlah ampun kepada – Nya. Dan kecelakaan yang besarlah bagi orang – orang yang bersekutukan – Nya.” (QS.fushshilat 41 : 6).
“maka beristiqamahlah kamku pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan juga orang yang telah tobat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesunggunya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (QS.Hud  11 : 112).
“maka karena itu serulah (mereka kepada agama itu) dan istiqamahlah sebagaimana diperintahkan kepadamu dan janganlah kamu mengiku hawa nafsu mereka.”(QS . asy – Syura 42 : 15).
Diriwayatkan bahwa seorang sahabat yang bernama Sufyan ibn ‘Abdillah meminta kepada Rasulullah SAW supaya mengajarkan kepadanya intisari ajaran Islam dalam sebuah kalimat yang singkat,padat dan menyeluruh,sehingga dia tidak perlu lagi menanyakan hal tersebut kepada siapapun  pada masa yang akan datang. Memenuhi permintaan sahabat tersebut, rasulullah saw bersabda : “katakanlah : saya beriman kepada allah , kemudian istiqamahlah! ” (HR.muslim).
 Iman yang disempurnakan adalah iman yang mencakup tida dimensi : hati,lisan,dan amal perbuatan. Seorang yang beriman haruslah istiqamah dalam ketiga dimensi tersebut. Dia kaan selalu menjaga kesucian hatinya, kebenaran perkataanya dan kesesuaian perbuatannya dengan ajaran Islam. Ibarat berjalan, jalan yang paling cepat mengatarkannya ke tujuan.
 Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh ad – Darami dari Ibn Mas’ud ra , diterangkan bahwa Rasulullah saw pada suatu hari membuat satu garis lurus dihadapan beberapa sahabat. Kemudian beliau membuat pula garis melintang dikanan kiri garis lurus tersebut. Sambil menunjuk garis lurus itu,beliau berkata “inilah jalan Allah”. Kemudian beliau menunjuk garis – garis yang banyak yang ada dikiri kanan garis lurus itu dan berkata :“inilah jalan – jalan  yang bersimpang,pada setiap jalan itu ada setan yang.......



Hanya seorang siswa yang mencari kegiatan bermanfaat dari pada menghambur-hamburkan uang untuk kegiatan yang tidak jelas dan tidak bermanfaat


EmoticonEmoticon